Celah Untuk Lepas Dari Jeratan Pidana Sebagai "PENADAH"


KOMNAS LKPI - Dalam suatu transaksi jual beli barang, terkadang atau kebanyakan sebagai konsumen atau pembeli tertarik dengan barang yang dijual dibawah harga pasar. Ini merupakan hukum pasar yang tidak tertulis dan suatu hal yang lumrah dalam praktik jual beli.

Apalagi jika si pembeli ternyata berniat untuk menjual lagi dengan harga pasaran tentunya ia akan mendapat keuntungan dari selisih harga pembelian awal.

Sayangnya, terkadang keinginan untuk mendapat selisih atau keuntungan tersebut, jika tidak hati-hati, dapat menjerat si pembeli dalam masalah hukum pidana. Pasal 480 KUHPidana tentang pertolongan (jahat) atau yang dalam praktik pidana dikenal dengan Pasal Penadah (heling) menyatakan dengan jelas hal-hal sebagai berikut :

“dengan hukuman penjara selama-lamanya 4 tahun ….dihukum ; (1) karena sebagai sekongkol, barangsiapa yang membeli, menyewa, menerima tukar, menerima gadai, menerima sebagai hadiah atau karena hendak mendapat untung, menjual, menukarkan, menggadaikan, membawa, menyimpan atau menyembunyikan sesuatu barang, yang diketahuinya atau yang patut disangkanya diperoleh karena kejahatan. (2) barangsiapa yang mengambil keuntungan dari hasil sesuatu barang, yang diketahuinya atau yang patut harus disangkanya barang itu diperoleh karena kejahatan.”

Ketentuan pasal 480 KUHPidana tersebut diatas mengatur 2 (dua) perbuatan yakni perbuatan bersekongkol dan perbuatan mengambil keuntungan dari barang yang diperoleh karena kejahatan. Jika si pembeli memang mengetahui bahwa barang tersebut berasal dari kejahatan maka ia pasti dijerat oleh penyidik dengan pasal 480 ayat (1) KUHPidana yakni sebagai sekongkol atau yang biasa disebut dengan “penadah”. Jika si pembeli tidak tahu asal perolehan barang tetapi si pembeli dari awal sudah curiga namun tetap membeli barang tersebut maka si pembeli dapat dijerat dengan Pasal 480 ayat (2) KUHPidana.

Mengkaji dan mencermati tentang ketentuan Pasal diatas khususnya tentang “mengetahui atau patut dapat menyangka” bahwa barang tersebut berasal dari suatu kejahatan apa bukan, rasanya sangat sulit. 

Umumnya penyidik enggan membuktikan apakah benar si pembeli ini tidak tahu atau tidak curiga terhadap asal usul barang yang dibelinya. Penyidik biasanya hanya berpatokan pada keterangan si penjual, dimana ia menjual dan siapa pembelinya.

Kecurigaan atau dugaan awal penyidik untuk menjerat pembeli sebagai penadah hasil kejahatan biasanya terkonsentrasi pada keadaan atau cara dibelinya barang tersebut, misalnya dibeli dengan dibawah harga pasaran, dibeli dengan cara sembunyi-sembunyi atau sebagainya. Kecurigaan penyidik yang demikian tentunya akan merugikan si pembeli yang beritikad baik yang secara hukumnya sudah seharusnya dilindungi pula oleh si penyidik tersebut.

Pada dasarnya sifat “asal dari kejahatan” yang melekat pada suatu barang dapat hilang apabila barang tersebut telah diterima oleh pembeli yang beritikad baik (ter goedertrouw). Atas dasar itikad baik dan sepanjang itikad baik tersebut dapat dibuktikan, misalnya dengan kwitansi pembelian dan atau berdasarkan keterangan saksi-saksi yang ada, maka tentunya pembeli dapat lepas dari jeratan hukum sebagai penadah.


43 Komentar

Komentar anda kami tunggu agar kami dapat memberikan edukasi dalam pengembangan hukum saat ini.

  1. Begini Bapak atau Ibu..., saya punya teman yang kebetulan saat ini dianggap sebagai penadah. Teman saya ini punya kenalan seorang pegawai PT Sinar mas, Dan suatu saat pada waktu perjalanan arah pulang kerumah ditelpon pegawai PT Sinarmas tadi untuk dimintai tolong titip untuk dikirimkan ke tujuan yang dikehendaki Pegawai tadi..., tanpa perasaan apa2 Dan karena teman saya kenal.., diterima barang itu dan dikirimkan menggunakan ongkos dari pegawai tersebut tanpa mengetahui apa kegunaan pasti barang tersebut.., ehh..ternyata barang tersebut bermasalah..., Dan tidak tahu apa2 tahu2 ada yang datang menanyakan barang Dan memfoto2 barang tersebut..., setelah dijelaskan oleh orang yang foto barang tersebut bahwa barang tersebut adalah barang penggelapan dari perusahaan Baru kaget teman saya Dan diserahkan tanpa ada satu barangpun yang kurang..., setelah ada beberapa lama terdengar kabar bahwa pegawai yang titip untuk mengirimkan barang tersebut ditahan dipolsek..., Dan menuduh teman saya telah menggelapkan barang tersebut padahal teman saya sudah beriktikad baik menyerahkan barang tersebut yang ternyata barang yang dititipkan untuk dikirim ke tujuan yang dikehendaki pegawai tersebut bermasalah. Mohon untuk sarannya apakah benar teman saya tersebut masuk dalam tuduhan penadah..., padahal latar belakang teman saya tersebut adalah orang baik2, tidak pernah neko2 Dan perduli terhadap orang2 disekitarnya..., mohon penjelasannya..

    BalasHapus
  2. saya juga sama saya mejual beli hp suatu ketika kawan saya jual hp kesaya dan hp tersebut ada masalah yaitu barng curian , tapi saya tidak tahu klau itu barang curian apakah salah saya membeli ya sedangkan saya tidak mungkin sebelum membeli tanya kekawan saya apakah hp yang kamu jual adalah curian sedangkan saya tahu diberkerja! dan dia berpenghasilan

    BalasHapus
  3. saya juga sama .. kebetulan bapak saya yg di sangka penadah .. padahal kami se keluarga tidak tau menau itu adalah barang hasil curian , sekarang bapak saya jadi tahanan di salah satu polsek di kabupaten kediri ..

    mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. ga adil ini hukuman bagi yang tidak tahu apa-apa tetep dihukum! parah!!!

      Hapus
  4. ga adil ini hukuman bagi yang tidak tahu apa-apa tetep dihukum! parah!!

    BalasHapus
  5. ga adil ini hukuman bagi yang tidak tahu apa-apa tetep dihukum! parah!!

    BalasHapus
  6. Menurut saya perlu di robah pasal tentang penadah.ini sangat merugikan korban.pelaku sudah profesional.jadi korban yang di tahan.bukanya pelaku penipuan.mohon di revisi.misal bila beli lebih dari satu baru bisa di anggap penadah.tp di lihat dari segi barangnya.terima kasih.

    BalasHapus
  7. Menurut saya perlu di robah pasal tentang penadah.ini sangat merugikan korban.pelaku sudah profesional.jadi korban yang di tahan.bukanya pelaku penipuan.mohon di revisi.misal bila beli lebih dari satu baru bisa di anggap penadah.tp di lihat dari segi barangnya.terima kasih.

    BalasHapus
  8. Mohon pencerahannya Bapak/Ibu yg paham hukum.saya dan suami bekerja sebagai pedagang elektronik di PKL Semarang.Ada seorang teman saya meminta tolong untuk menjual 1unit Led Toshiba 29" harga baru ga ada 2jt.itu seken barangnya sudah beli 1200.tadinya sy tawar 1100 Ga boleh.mungkin karena dia beralasan untuk biaya kebutuhan hidup sy bayar 1200.2hari kemudian barang laku.Dan 2hari berikutnya ada beberapa orang polisi datang dan membawa teman saya mencari tv Itu.Trus polisi menjelaskan bahwa barang itu adalah hasil curian.Temenku itu membeli barang dari pelaku pencurian,aq dan suami kaget setengah mati.Dalam hatiku koq tega banget temenku itu jual barang curian padaku.Dan bingung nya lagi tv sudah laku dan Ga tau alamat yg beli.Suamiku dibawa polisi itu.dan aq disuruh cari tv itu sampe ketemu biar suamiku bisa bebas.Dan aq lakukan cara apapun untuk dapat tv itu lagi.alhamdulillah tv-nya ketemu dan suamiku bisa keluar.tp suamiku disuruh untuk menjadi saksi disidang para pelaku.yang jadi pertanyaan nya apakah Dr seorang saksi bs menjadi tersangka?

    BalasHapus
  9. Bagaimana cwok aku kena penadah
    Dia beli burung terus di jual lgi gak tau kalo burung itu hasil curian
    Masih kena hukumman kah😭kasihan cwok aku gak tau apa kena juga

    BalasHapus
  10. Bagaimana cwok aku kena penadah
    Dia beli burung terus di jual lgi gak tau kalo burung itu hasil curian
    Masih kena hukumman kah😭kasihan cwok aku gak tau apa kena juga

    BalasHapus
  11. Maav pak bu...saya mw bertanya.. Saya hamba allah.. Jika seorang a ingin menggadaikan motornya dgn pelantara si b untuk d gadaikan k temanx karan si A mmintak tolong.. Akhirnya d gadaikan k B.. Lalu si B melempar motor gadaianya karna tidak d ambil".. K pihak C. Mslhx ternya motor itu hasil dari pinjaman pihak A.. Dan skrg pihak A pelantara B dan pihak C. D tangkap polisi..krna d tuduh sbgai penada. Bagaimana cara untuk mengeluarkannya? Dan berapa lama d hukum?.. Pasal berapa? Di mintai polisi dgn nominal 50 juta.. Kasus apa hingga d mintai uang sgtu??? Tolong bantuannya

    BalasHapus
  12. Maav pak bu...saya mw bertanya.. Saya hamba allah.. Jika seorang a ingin menggadaikan motornya dgn pelantara si b untuk d gadaikan k temanx karan si A mmintak tolong.. Akhirnya d gadaikan k B.. Lalu si B melempar motor gadaianya karna tidak d ambil".. K pihak C. Mslhx ternya motor itu hasil dari pinjaman pihak A.. Dan skrg pihak A pelantara B dan pihak C. D tangkap polisi..krna d tuduh sbgai penada. Bagaimana cara untuk mengeluarkannya? Dan berapa lama d hukum?.. Pasal berapa? Di mintai polisi dgn nominal 50 juta.. Kasus apa hingga d mintai uang sgtu??? Tolong bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bgt pdhal gak salah & d mintai uang sgtu ,emang ya Hukum polisi gak adil

      Hapus
  13. HARUSNYA PARA PENYIDIK POLRI BAIK DIPOLSEK POLRES POLDA SEKALIAN MABES ITU DR JAJARAN LULUSAN AKPOL YANG JELAS PASTI SDM NYA TINGGI.BUKAN DR BINTARA YG SDM NYA RENDAH. MOHON BPK KAPOLRI INSTITUSI POLRI KHUSUSNYA DIJAJARAN PENYIDIK RESKRIM TIPIKOR JGN REKRUT DR BINTARA SEMUA KONYOL.

    BalasHapus
  14. HARUSNYA PARA PENYIDIK POLRI BAIK DIPOLSEK POLRES POLDA SEKALIAN MABES ITU DR JAJARAN LULUSAN AKPOL YANG JELAS PASTI SDM NYA TINGGI.BUKAN DR BINTARA YG SDM NYA RENDAH. MOHON BPK KAPOLRI INSTITUSI POLRI KHUSUSNYA DIJAJARAN PENYIDIK RESKRIM TIPIKOR JGN REKRUT DR BINTARA SEMUA KONYOL.

    BalasHapus
  15. ini kejadian saya kemaren sore..2 hari yg lalu ada seorang pelanggan yg dtg k counter saya untuk menjual hp.hp itu lengkap dgn kotak dan perlengkapannya..dan sdh pasti saya fikir brg itu aman.karena mnurut pnglaman saya d bidang hp yg hmpir 20 tahun syarat untuk membeli hp second adalah harus lengkap.tapi 1 hari setelah itu pihak kpolisian stempat dtg dgn mmbawa si plnggan saya yg mnjual hp td.dan mengatakan saya penadah..dan saya d suruh untuk dtg k polsek.segera saya dtg..stlh smpai d polsek saya d interogasi dan d pada awalnya d nyatakan bersalah krn menadah brg cuian.setelah panjang lebar pihak kepolisian menaearkan saya solusi perdamaian dgn syarat saya harus mmbyar uang damai.namun saya menolak dan kekeh klu saya tdk bersalah..dan menyanggupi untuk kasus ini d bawa k pengadilan walaupun apapun taruhannya bhkan saya rela d tahan hari itu juga demi mmpertahankan kebenaran saya.karena saya bnr2 tdak mngetahui itu adalah brg curian dgn alasan kelengkapan kotak dan peralat set d dalamnya.bbrapa saat kmudian pihak kpolisian berbalik arah dan akhirnya menjadikan saya hanya sbgai saksi untuk d pngadilan.namun saya masih kecewa dgn cara hukum dan penyitaan brg hasil pembelian saya yg sah dgn nilai beli rata2 pasaran second.hanya Allah Subhanawata'ala yg hanya maha adil.informasinya..si pelaku di minta tolong sama kawannya untuk menjual hp tersebut dan ternyata hp tersebut setelah d jual uang nya tidak d berikan dan korban melapor k polisi.saya fikir dgn akal sehat kasus ini hanya masalah korban dgn pelaku..saya adalah pembeli yg sah..kmbali lagi saya hanya pasrah..dan meng ikhlaskan brg hasil jual beli saya d sita.di Akhirat kelak kita pertanggung jawabkan.dan yg cukup membuat saya sedih dan kecewa kejadian ini terjadi d saat usaha saya bnr2 bangkrut..d saat saya bnr2 mmbutuhkan uang untuk modal usaha.hp tersebut adalah oppo a37 hrg baru 1,8juta dan pembelian second saya 1juta

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah uang anda tidak kembali mas?

      Hapus
    2. Apakah dusbuku imei nya sama dengan di hp nya?

      Hapus
    3. Terus akhirnya d.masukan ke sel kah mas ?? Polisi emang mata duitan udh ad BRG bukti & surat2 lainnya kok masih bgtu

      Hapus
    4. hari saya apes beli hp Realme 5 batangan, saya g tau kl itu barang dr kejahatan akhirnya saya diamankan sebagai penadah padahal saya belinya 1,3jt saya dikenakan pidana kuhp penjara 4 tahun dan bisa dinaikkan jenis kasusnya tolonglah saya harus bagaimana padahal saya bener2 tidak tau.

      Hapus
    5. tapi alhamd..ternyata cuman salah paham min....mohon dihapus pertanyaan saya

      Hapus
  16. mohon pencerahanya min. saya suatu kesempatan dipinjamin uang sama temen saya untuk bayar pajak kendaraan motor yg memang ditunujukan sama saya kurang sehari pajak kendaraan sdh waktunya dibayarkan. terus 3hari berselang dia datang lagi ketempat saya untuk pinjam uang dengan alasan untuk biaya pylang ke jember karena orang tuanya sakit keras harus pulang malam itu juga, lalu dia minta tolong sama saya sekaligus nitipkan motor yg pernah kita bantu bayarkan pajaknya. katanya minggu depan mau diambil sekalian bayar pinjaman dia kesaya. setalah satu minggu motor nggak kunjung diambil malah satu bulan kemudian dia nelpon saya katanya mau ambil motor ternyata dia sudah bersama penyidik polisi bahwa motor tersebut hasil kejahatan. padahal setau saya pengakuan dia motor itu milik istri sirinya dia mohon pencerahanya min apa yg harus saya lakukan padahal saya benar benar berniat membantu sesama karna faktor kemanusiaan yg tadinya dana itu digunakan untuk menjenguk org tuanya yg lagi sakit. apakah saya tetap bisa terjerat pasal 480

    BalasHapus
  17. Maaf pak atau ibu saya mau tanya. Hal ini terjadi pada kaka saya yg di anggap penadah gara2 ada temennya yg mau menjual motor kepadanya yg katanya itu motor punya temenya yg mau di jual. Karena kakaku belum punya uang maka kakaku menolakna tapi singkat cerita ketika kakaku sedang bekerja s motor di anterin ke rumah kakaku. Sepulang kerja kakaku melihat motor yg sudah ada di rumah. Tp pembayaran belum di lakukan soalnya dia lg ngak pegang uang mereka baru ngobrol hanya lewat wa belum bertemu dan bertatap muka lansunglansung. Tadinya kakaku hanya melihat keadaan motor itu dia membongkarnyamembongkarnya. Dan seketika itu pun 3 orang polisi datang membawanyamembawanya. Dan sampai sekarang kakaku di tahan karna di sangka penadah padahalkan belum ada pembayaran. Minta sarannya dong gimana menurut bapa atau ibu karna saya memang buta hukum .

    BalasHapus
  18. Maaf saya mau tanya .
    Posisi saya skrg adalah saksi hasil dari hp curian.
    Saya teknisi handphone.
    Kronologisny begini.
    Awalnya coustemer datang untuk memprogram handphonenya,tapi pada saat itu konfisi listrik sedang mati,dan saya pun bilang pada coustemer saya ,
    Nanti saja datangnya setelah hidup lampu.
    Dan saya pun minta nomer sicoustemer tersebut.
    Setelah hidup lampu saya hubungi coustemer berikut.
    Bg lampu udah hidup bg, coustemer jawab ok bg hpnya aku antar,he pas diantar hpnya yg ngantar lain aku tanya kau siapa adiknya bg .
    Ok saya jawab terus dia pergi begitu saya tanpa tanya harga jasa saya,
    Setelah itu saya kerjainlah hp tersebut dan akhirnya selesai,
    Setelah selesai saya hubungilah si coustemer ,bg hp nya sudah selesai,
    Dan dia bilang kalau ada yg mau jualkan aja bg .
    Ok bg saya jawab tanpa ada kata curiga.
    Saya carilah siapa yg beli ,dan kemudian ada yg beli dengan saya tidak tau harga pasaran hp tersebut.
    Jadi saya tanya sm sipembeli bg hp ini lakunya berapa ada yg mau jual ini bg.berapa kata pembeli.
    ,sekian bisa bg.
    Dan dijawab bisa bg kata pembeli.
    Setelah hpnya sudah dibeli .
    Saya hubungilah sipemilik tadi ini ini uang hp sisanya bg.
    Ok kata pemilik .

    G lama kemudian datanglah adik yg pemilik hp tdi bawak polisi.
    Ditanya ada dia jual hp disini g ada ,benerin ada kata polisi ,udah dibeli orang pak ,soalnya dia bilang kalau ada yg mau jual aja bg.
    Ydh aku juallah tanpa bertanya apa apa sm sipemilik tadi karen dia abg adik yg datang saya yakinlah hp itu milik mereka pak .

    Dam skrg saya posisinya dijadikan saksi oleh polisi.

    Apakah saya termaksud penada atau tidak y pak.

    BalasHapus
  19. Teman saya di suruh teman y untuk jual hp yg tanpa di ketahui y adalah barang curian,,lalu di posting ke salah satu group jual beli, dan akhir y terjual.. Berselang 1 bulan kemudian sih pembeli dtg dgn membawa pihak kepolisian dan bertanya kepada tmn saya,, oleh tmn saya di suruh oleh pihak kepolisian ketemu kan sama tmn y,, setelah di temukan sama kawan y di bawa ke polsek,di interogasi olehpihak penyidik, dan oleh teman y dan teman saya menyatakan memang teman saya gak tahu dari awal itu hasil kejahatan,, tp teman saya di limpahkan posisi y jadi pena dah, pdhl dia gak beli hanya bantu posting kan dan ada pembeli y baru di ambil sama tmn y dan di berikan ke pembeli.. Mohon pencerahan y apakah ada jalan keluar untuk kasus teman saya.. Mohon masukan y para pakar hukum

    BalasHapus
  20. Ayah saya ditahan setelah beli barang dari orang asing. Taunya barang tersebut barang curian. Ayah saya dibawa ke polsek katanya untuk dimintai keterangan. Tapi ternyata ayah saya ditahan di polsek sudah 4 hari tanpa ada kejelasan. Ayah saya dituduh sebagai penadah. Barangnya seharga 150k. Sekarang ayah saya ditahan di sel polsek. Ini bagaimana? Kan jelas ayah saya tidak bersalah, tidak mengenal pencurinya, membeli atas dasar karenanpencuri tadi menawarkan kesana kemari tapi tidak ada yg mau membeli, karena kasihan akhirnya dibeli oleh ayah saya

    BalasHapus
  21. Ayah saya sudah di tahan selama 3 hari setelah memberi motor bekas ke temannya. Dan ayah saya di bawa ke polsek dengan tuduhan sebagai penadah. Ayah sy tidak tahu bila motor itu bermasalah. Ketika bertransaksi membeli brg itu ada kelengkapan surat stnk. Bagaimana agar ayah sy tidak terjerat hukuman?

    BalasHapus
  22. Undang undang hukum di indonesia sangatlah aneh.yg bersalah tidak ditahan karena punya uang buat bayar kepolisian dan hakim sedangan yg gak tau apa apa dan yg tidak punya materi lebih tetap di proses karena tidak bisa bayar kepolisian pada waktu saat dituduh.harusnya kepolisian mengayomi dan mrlindungi masyarakatnya tetapi disini 99 persen kepolisian indonesia bermata duwitan semua.hanya orang orang yg bisa bayar yg dilindungi dari jerat hukum.yg tidak bisa bayar waktu diperiksa penyidik dicari cari kesalahannya sama penyidik biar kasusnya naik ke pengadilan..biasanya penyidik agak memaksa orang tersebut yg gak bersalah agar klihatan salah dimata hukum pada waktu di sidangkan dipengadilan.terimakasih.

    BalasHapus
  23. kerabat saya dilaporkan sebagai penadah atas barang bekas berupa HP yang di belinya dari seseorang yang tidak dikenal. kemudian saat kami urus di kepolisian pihak polisi mengajukan untuk meminta surat damai. saat ini surat damai sudah saya peroleh namun, pihak pelapor tetap tidak mau mencabut laporannya. padahal semua yang diinginkan pelapor telah kami penuhi ,,,,,mohon bantuannya bu. saya benar benar sudah kehabisan cara

    BalasHapus
  24. Suami saya jg sdh ditahan hampir 3 bulan krn dituduh sebagai penadah motor curian,,padahal suami aaya benar2 tidak tahu klo itu barang curian...sdh kehilangan uang masih ditahan,,😥😥 kasian anak2 sy masih kecil....biasanya itu ditahan brp lama ya min..mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama seperti kasus suami saya. .pdhl tidak tau motor itu hasil begal

      Hapus
  25. Mohon solusinya.kerjaan saya sebagai pengepul barang bekas istri saya skrg di tahan Polsek. Di tuduh sebagai penadah. Pada tgl 17 Oktober 2019.pagi jam 10. Datang 2 orang. Pakai motor ke gudang saya.membawa barang tembaga sebanyak 16 kg. Di timbang oleh anggota saya. Lalu di bayar sama istri saya. Yg kebetulan .aku ada diluar gudang.tidak berapa lama. (1jam).datang 4 orang yg mengaku polisi. Menanyakan barang tersebut.dan menggeledah gudang saya. Lalu mengambil barang tembaga.yg baru di beli istri saya tadi. Si polisi bilang barang tersebut.barang curian.dan menanyakan siapa penjualnya. Istri saya jawab tidak kenal.polisi menunjukkan Poto 2 orang tersebut.langsung aku suru anggota saya ikut nyari si penjual.taklama.sipenjual tertangkap 1 orang. Dan membawa ke polsek.bersama anggotaku.dan memanggil istriku untuk di mintai keterangan. Sebagai saksi.dan anggotaku. Singkat cerita.kami telah hadir sebagai saksi. Dan telah dapat putusan PN. Dan terdakwa dituntut 1thn kurungan.dan setelah 7bln berlalu. Datang surat panggilan. Pertama. Tgl 3juni2020.memanggil untuk di mintai keterangan. Yg katanya penjual barang tembaga.pada tgl 17 Oktober 2019 lalu tertangkap.istri saya tidak dapat menghadiri panggilan tersebut pada tgl 4.siang. dgn alasan suami keluarkota.takbisa naik motor sejauh 40 km.lewat jln lintas yg ramai truk.dan tidak ada jaga anaknya. Jam 8 malam.pada tgl yg sama polisi jemput paksa istri saya.dan membawa 4 orang anak saya.tampa menunjukkan surat apapun. Dan Tampa melakukan penyidikan secara tertulis.langsung menahan istri saya sama anakku 1 MLM di sel.dan besoknya jam 1 siang langsung di kirim ke Polres.dan sudah di tahan dan di kenakan pasal. 363kuhp Jo pasal 480 ayat 1 KUHP.aku minta solusi saudara....trimakasih.

    BalasHapus
  26. Nomor hp bapak prim yang aktif 0823-5240-6469

    BalasHapus
  27. Tolong saya,saya dituduh sebagai penedah barang ilegal berupa hp. Tapi jujur Saya gk tau kalo barang tersebut ilegal dan Saya disuruh membayar sebesar 1.500.000 dan saya udah membayar sebesar uang tersebut saya kira udah selesai masalah itu tapi malah saya disuruh byr lagi sebesar 2.500.000 kalo Saya gak bayar nanti bisa dilaporkan kejalur hukum... Tapi bener Saya gk tau kalo itu barang ilegal saya kira itu promo karna pada saat saya tanya sama penjualnYa itu lgi promo malah saya jadi tersangka penedah barang ileng... Gimana caranya Saya membersihkan nama Saya sebagi tersangka penedah? Mohon bantuannya karena saya merasa bingung mau cari kemana uang sebanyak 2.500.000 itu

    BalasHapus
  28. Singkat cerita
    Saya msh pelajar saya juga dituduh sebagai penadah berupa hp. Dan harga hp yg dijual pun sangat murah 300rb-an & saya tiba² mendapatkan notif chat disuruh byr dgn jumlah 2.700.000 em bukan byr lebih tepatnya penormalan harga gitu nah trus katany bkl dibalikin lg dgn jangka waktu 5 mnt ke rekening semula saya bener ² ga tau juga klo barang nya itu bermasalah / hasil pencurian nah trus saya dikasih keringanan tuh sama petugasnya jadi 1.700.000 & saya masih gak sanggup untuk bayar segitu nah kan saya waktu itu saya cuma megang uang 300rb itu juga buat bli ATK sekolah trus katany mau dibantu gitu sisanya pas saya kira udh selesai ternyata saya disuruh bayar lgi 600rb karena nominal yang saya transfer hanya 300rb uang segitu aja saya masih ga sanggup mau dapet dri mana uang segitu dengan waktu yang singkat itu aj udh merasa mahal bagi saya yang masih pelajar apalagi 2.700.000 dan lagi keluarga lgi pada susah siapa yang mau minjemin uang sgitu? Dan sekarang sy masih bingung mesti gimana lagi

    BalasHapus
  29. Min mohon pencerahan,,,saya pengepul tbs,,,para petani mengantarkan tbs k tempat saya,,,saya beli harga umum y,dan setiap tbs d timbang oleh anggota saya,,,kejadian y hari ini tadi,ada petani saya yg biasa jual buah ke saya,d duga melakukan pencurian tbs d PT,posisi saya tidak ada d lokasi dan anggota saya juga kebetulan tidak ada juga,buah y langsung d angkut sama pihak PT, untuk tersangka kita masih belum tau berita y, pertanyaan y min,apa kah saya bisa terjerat pasal 480 {penadah} mohon pencerahan y min...tks

    BalasHapus
  30. Maaf ingin bertanya adek aku membeli hp lengkap dengan dos dan cas dengan harga pasaran jual beli hp bekas sedangkan kita tidak tau klo hp itu ternyata hasil dari me nyicil dn adek aku sekaran di anggap penadah n apakah bisa seperti itu

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak